1.
Ruang lingkup cyberspace
sebagai ruang budaya bagi manusia!
Dunia maya (bahasa Inggris:
cyberspace) adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai
untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online
(terhubung langsung). Dunia maya ini merupakan integrasi dari berbagai
peralatan teknologi komunikasi dan jaringan komputer (sensor, tranduser,
koneksi, transmisi, prosesor, signal, kontroler) yang dapat menghubungkan
peralatan komunikasi (komputer, telepon genggam, instrumentasi elektronik, dan
lain-lain) yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif.
Kata “cyberspace” (dari cybernetics dan space) berasal dan pertama kali diperkenalkan oleh penulis novel fiksi ilmiah, William Gibson dalam buku ceritanya, “Burning Chrome”, 1982 dan menjadi populer pada novel berikutnya, Neuromancer.
Kata “cyberspace” (dari cybernetics dan space) berasal dan pertama kali diperkenalkan oleh penulis novel fiksi ilmiah, William Gibson dalam buku ceritanya, “Burning Chrome”, 1982 dan menjadi populer pada novel berikutnya, Neuromancer.
Cyberspace berasal dari kata latin
Kubernan yang artinya menguasai atau menjangkau. Cyberspace secara de facto
diangggap sebagai jejaring Internet, kemudian World Wide Web. Sehingga saat ini
kita berasumsi Cyberspace sama dengan internet atau media elektronik jaringan
komputer, di mana komunikasi terjadi secara online. Cyberspace adalah sebuah
ruang maya yang dibentuk melalui jaringan antar komputer yang ketika mengembara
di dalamnya kita akan menemukan berbagai panorama, dengan berbagai paradoks dan
kontradiksi. Kita juga dapat mengekspresikan diri dan melakukan banyak hal
lainnya di dunia maya, misalnya : kesenangan/ketakutan, kebaikan/keburukan,
keaslian/kepalsuan, kecintaan/kebencian.
2. Masalah budaya
di dalam cyberspace?
Masalah sosial dapat dikategorikan
menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dll.
4. Faktor Psikologis : Penyakit syaraf, aliran sesat, dll.
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dll.
4. Faktor Psikologis : Penyakit syaraf, aliran sesat, dll.
1. Faktor Ekonomi, faktor ini
merupakan faktor terbesar terjadinya masalah sosial. Apalagi setelah terjadinya
krisis global PHK mulai terjadi di mana-mana dan bisa memicu tindak kriminal
karena orang sudah sulit mencari pekerjaan.
2.Faktor Budaya, Kenakalan remaja
menjadi masalah sosial yang sampai saat ini sulit dihilangkan karena remaja
sekarang suka mencoba hal-hal baru yang berdampak negatif seperti narkoba,
padahal remaja adalah aset terbesar suatu bangsa merekalah yang meneruskan
perjuangan yang telah dibangun sejak dahulu.
3.Faktor Biologis, Penyakit
menular bisa menimbulkan masalah sosial bila penyakit tersebut sudah menyebar
disuatu wilayah atau menjadi pandemik.
4.Faktor Psikologis, Aliran sesat
sudah banyak terjadi di Indonesia dan meresahkan masyarakat walaupun sudah
banyak yang ditangkap dan dibubarkan tapi aliran serupa masih banyak
bermunculan di masyarakat sampai saat ini. Dan yang terjadi saat ini adalah
kasus Ahmadiyah. yang selalu berujung dengan kekerasan dan tindakan anarki.
3. Beberapa
komunitas yang kita kenal sebagai gerakan hacktivism
a. Anonymous
Anonymous
adalah kelompok Aktivis atau "Hacktivis" yang dibentuk pada tahun
2003. Para anggotanya dapat dibedakan di depan publik dengan mengenakan topeng Guy
Fawkes atau yang biasa dikenal V for
Vendetta. Pada tahun 2011, Majalah Time memasukkan nama
"Anonymous" sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia
Komunitas Anonymous mengusung sebuah gagasan yang mereka
sebut sebagai Dunia yang Bebas dan Adil. Karena mereka ‘berkumpul’ dalam wadah
yang maya, apakah mungkin gerakannya terkoordinir dangan baik? Tampaknya iya.
Meski mereka adalah komunitas di dunia maya, tetapi gerakan mereka memiliki
rencana yang cukup jelas. Dalam situs whatistheplan.org, mereka membeberkan rencana besar mereka untuk mencapai
visi tentang masyarakat yang berkelanjutan, dalam lingkungan saling berbagi
pengetahuan, di bawah pemerintahan yang transparan dan berkekuasaan terbatas.
Untuk mencapai visi besar itu, perlu menegakkan beberapa
prinsip, yaitu Kebebasan berbicara, Pemerintah yang transparan, dan Mendukung
kebebasan individu untuk berkembang. Senjata atau alat perjuangan mereka adalah
penyebaran fakta dan sumberdaya, dalam rangka mendidik pengguna/masyarakat
melalui cara-cara viral. Untuk mencapai persamaan derajat, mereka mendorong
semangat persatuan dan toleransi.
b. Cult
of the dead cow
Cult of the dead
cow , juga dikenal sebagai CDC atau CDC Communications , adalah seorang hacker
komputer dan organisasi media yang DIY didirikan pada tahun 1984 di Lubbock ,
Texas . Kelompok ini mempertahankan weblog di situsnya , juga berjudul "
Cult of the Dead Cow " . Media baru yang dirilis pertama melalui blog ,
yang juga memiliki fitur pikiran dan pendapat dari anggota kelompok .
Untuk lebih
tujuan Cult menyatakan "Global Dominasi Melalui Media Saturation , "
selama bertahun-tahun anggota CDC telah memberikan wawancara untuk surat kabar
utama , majalah cetak , situs berita online, dan program berita televisi
internasional .
CDC komunikasi
adalah induk organisasi dari Cult of the Dead Cow , salah satu dari tiga
kelompok yang termasuk dalam komunikasi CDC. Dua lainnya adalah Strike Force
Ninja dan Hacktivismo
c.
decocidio
Decocidio adalah anonym ,
kolektif otonom hacktivists yang merupakan bagian dari Earth First ! , sebuah
organisasi protes lingkungan radikal , dan mematuhi Keadilan Climate Action .
Dalam hacks mereka menunjukkan kelompok afiliasi dengan para Hackbloc kolektif
otonom .
Logo kolektif merupakan kasus theta
atas didahului dengan simbol hash atau tanda nomor . Dalam banyak bahasa
scripting # memperkenalkan komentar yang masuk ke akhir baris . Kasus theta
atas adalah pada tahun 1969 dibuat menjadi sebuah Ecology Symbol oleh kartunis
Ron Cobb , yang kemudian menjadi terkait dengan Hari Bumi . Surat ini dari
abjad Yunani juga digambarkan pada Ecology Flag digunakan oleh lingkungan
Amerika pada 1970-an .
Nama decocidio adalah jenis
permainan kata yang mengacu pada tindakan kode membunuh [ rujukan? ] Noun terdiri
dari batang – deco dan akhiran – cidio
c. Telecomix.
Telecomix adalah nama yang
digunakan oleh kedua WeRebuild dan Telecomix . WeRebuild adalah sebuah proyek
kolaboratif yang digunakan untuk mengusulkan dan membahas undang-undang serta
untuk mengumpulkan informasi tentang politik dan politisi . The Telecomix
adalah badan operasi yang menjalankan skema dan proposal yang diajukan oleh
WeRebuild. Pada tanggal 15 September 2011, Telecomix dialihkan semua koneksi ke
web Suriah , dan diarahkan internauts ke sebuah halaman dengan instruksi untuk
memotong sensor. Selain itu , ” Telecomix beredar cara menggunakan sambungan
telepon rumah untuk menghindari penyumbatan keadaan jaringan broadband ” selama
Revolusi Mesir 2011. Intervensi terbaru mereka adalah rilis besar file log surveilans
Blue Coat , diduga mengungkapkan intersepsi besar di Suriah , yang dianalisis
dan dipublikasikan dari ” telecommunist klaster ” dari Telecomix. Kebocoran
sebelumnya telah dikritik karena mungkin mengungkapkan terlalu banyak informasi
sensitif tentang pengguna Suriah oleh peneliti keamanan dan hacker Jacob
Appelbaum .
Telecomix diciptakan pada April
18, 2009 , sebagai saran mengikuti seminar tentang pengawasan, perubahan
legislatif yang mengatur Pertahanan Nasional Radio Pendirian ( FRA ) , dan
hukum lain diproses di Parlemen Eropa pada saat itu Para penonton diminta .
untuk membantu menghentikan undang-undang pengawasan yang hendak disahkan di
Parlemen Eropa . Malam setelah seminar bifurkasi spontan dimulai dan seseorang
melemparkan sebuah cipher . Saat itu Telecomix lahir .Selama bulan-bulan
pertama keberadaannya Telecomix ‘ , fokus sebagian besar pada Paket Telecoms ,
yang Data Retensi Directive dan hukum yang mengatur FRA . Pekerjaan terdiri
dari mengumpulkan informasi tentang hukum dan proses politik yang terlibat ,
percakapan publik dengan legislator dan proyek seni . Sebagai Telecomix tumbuh
lebih besar , definisi dan batas-batas cluster menjadi lebih terdefinisi .
Menurut salah satu wawancara , seorang aktivis menggambarkannya sebagai ”
sebuah sekelompok pernah berkembang teman-teman yang melakukan hal-hal
bersama-sama ” yang terdiri dari sekitar 20 anggota yang sangat aktif , 50
aktif dan sekitar 300 total termasuk pengintip ”
d. Jasakom
Jakarta.
Jasakom adalah web publishing division
didirikan pada bulan Agustus 2000 sebagai media untuk memberikan pengertian dan
kesadaran akan security di internet dan keamanan network. Perkembangan pesat
Jasakom yang secara tidak langsung didukung oleh media-media (Detik.com, @ha,
Tempo, Chip, Akademia, MetroTV, Kompas, berbagai milist dan web site serta
mesin pencari) menempatkan Jasakom sebagai salah satu kelompok Hacker di
Indonesia seperti Antihackerlink, Hackerlink, Kecoak Elektronik, Indohacker,
Indosniffing, dll sebenarnya tidaklah tepat. Jasakom telah memulai bisnis sejak
awal, tidak seperti halnya kelompok-kelompok lain yang tidak melakukannya
karena alasan etika hacker, hal ini karena Jasakom tidak menempatkan dirinya
sebagai pesaing kelompok Hacker lain tapi sebagai suatu media layanan informasi
atas keamanan Internet dan network.
Sebelum berdirinya Jasakom, para pendiri telah memberikan service resmi kepada pihak-pihak yang memerlukannya berupa konsultasi keamanan internet, network assessment atas nama personal dan atas dasar kepercayaan. Beberapa dari orang ini kemudian bersatu dan mendirikan Jasakom.
Perkembangan
selanjutnya dimana Jasakom dianggap sebagai suatu tempat berkumpulnya para
hacker Indonesia tidaklah dapat di pungkiri bahwa juga terdapat banyak
administrator yang saling berbagi informasi dan pengetahuan yang akhirnya
melahirkan sesuatu yang menguntungkan untuk semua orang. Penggunaan informasi
di Jasakom oleh para Hacker tidaklah dapat di kendalikan karena informasi yang
disediakan diibaratkan pisau bermata dua. Di satu sisi, akan digunakan oleh
hacker untuk membobol sistem orang lain dan dilain pihak digunakan pula oleh
Administrator jaringan dan web untuk mengamankan network mereka. Informasi yang
disediakan adalah bebas bagi siapa saja yang bersedia memberikan sumbangan
tentang IT dan security yang terkait dengan perkembangan baik di Indonesia
maupun di Dunia.
Komunitas Jasakom adalah sekelompok pemerhati masalah
keamanan internet dan informasi di Indonesia. Salah satu komunitas terbesar
yang ada sampai saat ini yang bermukim dibawah naungan para pakar keamanan
komputer seperti S’to, Dani Firmansyah, Onno W. Purbo, Donny B.U (detikinet),
Alfons Tanujaya (Vaksin). Komunitas Jasakom berkumpul di milis milik Yahoo
dengan nama Jasakom-Perjuangan.
e. X-Code
Jogja
Xcode atau Kali Code adalah
salah satu situs
komunitas hacker terbesar di Indonesia yang berbasis di Jogjakarta.
Di situs inilah para hacker-hacker tanah air berkumpul untuk berbagi ilmu.
Jika diluar negeri terdapat
kelompok hacker
yang populer dengan sebutan Anonymous, maka di
Indonesia pun punya komunitas hacker yang tak kalah hebat dengan Anonymous, yaitu
komunitas Xcode.
Istilah ‘hacker‘ selama
ini mendapat konotasi buruk dikalangan masyarakat, padahal tidak selamanya
seperti itu. Komunitas hacker Xcode adalah salah satu contoh komunitas hacker
yang sering berbagi ilmu dan tutorial keamanan dan memiliki tujuan positif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar